Avatar, The Last Airbender – The Calling

avatar state

 

 

 

Avatar, The Last Airbender adalah serial animasi televisi yang ditayangkan di Nickelodeon. Animasi ini berlatar belakang ilmu beladiri yang berasal dari Asia. Dikisahkan bahwa perabadan manusia terbagi menjadi empat bangsa, yaitu earth kingdom, air nomads, water tribe, dan fire nation. Dari masing-masing peradaban, ada orang-orang yang bisa menguasai unsur alam (elemen) sesuai bangsa mereka. Avatar adalah orang yang bisa menguasai ke empat elemen tersebut, yaitu tanah, air, api, dan udara. Avatar hanya ada satu di setiap generasi. Jika avatar meninggal, maka ia akan bereinkanasi di bangsa berikutnya yang sesuai dengan siklus avatar. Saat itu, dunia sedang berperang karena fire nation menyerang ketiga peradaban lain, hendak memperluas kekuasaan. Tugas avatar Aang adalah menghentikan perang ini dan mengembalikan kedamaian dunia seperti awalnya.

Ada satu pelajaran baik yang dapat saya petik dari serial animasi ini yaitu tentang memenuhi panggilan hidup.

Zuko adalah Pangeran Kerajaan Api. Karena kesalahan yang dia buat di rapat jenderal kerajaan api, dia dihukum oleh ayahnya (wajah daerah mata kirinya dibakar oleh ayahnya sendiri, Fire Lord Ozai) lalu dia dibuang dari kerajaan dengan tugas mencari dan membunuh avatar. Saat itu, avatar memang menghilang selama kurang lebih seratus tahun. Aang membeku dalam bola es ketika ingin melarikan diri dari takdirnya. Avatar adalah satu-satunya ancaman bagi Kerajaan Api. Karena itu, Zuko dimanfaatkan untuk mencari dan membunuh avatar yang hilang itu. Setelah itu, kehormatannya sebagai pangeran dan pewaris takhta kerajaan api dapat dipulihkan.

Butuh tiga tahun bagi Zuko untuk menemukan avatar Aang. Tetapi Zuko selalu gagal untuk menangkap Aang. Zuko bahkan mengejar Aang sampai ke seluruh dunia. Tetap saja gagal.

Dalam perjalanannya menangkap Aang, Zuko pernah mengalami dilema. Dilema tentang apa tujuan hidupnya dan apa yang sebenarnya ia inginkan. Apakah benar menangkap Aang adalah keinginannya? Atau itu keinginan orang lain yang dipaksakan menjadi keinginannya?

Jenderal Chao (i hope i wrote his name right) pernah menyerang North Water Tribe (suku air di kutub utara). Serangan yang besar-besaran. Jenderal Airol (Zuko’s uncle, yang pergi menemani Zuko untuk menangkap Aang) melarang Chao membunuh roh bulan dan samudera yang merupakan sumber kekuatan suku air. Alasannya adalah untuk menjaga keseimbangan. Sikap Airol ini dipandang sebagai pengkhianatan.

Zuko juga pernah melakukan kesalahan di mata Chao. Saat Aang berhasil ditangkap oleh Chao, Zuko merasa tidak ada harapan baginya untuk memulihkan nama baiknya. Dengan menyamar sebagai Blue Spirit, ia membebaskan Aang. Hal ini diketahui oleh Chao. Zuko dan Airol dianggap sebagai pengkhianat negara api. Status mereka adalah buronan.

Princess Azula (Zuko’s younger sister) ditugaskan oleh Fire Lord Ozai untuk menangkap Zuko dan Airol. Tetapi akhirnya Azula memburu Aang juga. So, Azula sekarang memburu tiga orang.

Ketika mereka berada di earth kingdom, di sebuah pertarungan yang sengit dan emosional, Azula berhasil menyambar Aang dengan petirnya ketika Aang sedang berada di avatar state. Aang langsung terjatuh dan terluka sangat parah. Melihat Aang terluka sangat parah, Airol menyuruh Katara (teman Aang, dari Southern Water Tribe) untuk membawa Aang ke tempat yang aman, sementara Airol menahan semua serangan. Status Aang adalah tewas dalam peperangan dan yang membunuhnya adalah Zuko. Dua hal itu disampaikan Azula kepada Ozai. Dengan demikian, Zuko diterima kembali di kerajaan dan kehormatannya sebagai putra mahkota dipulihkan.

Aang berhasil sembuh dan disembunyikan dari seluruh dunia. Zuko dan Azula kembali ke kerajaan api. Airol dipenjarakan.

Sekalipun kehormatannya sudah dipulihkan dan Ozai kembali menerima Zuko, Zuko tetap merasa ada bagian yang belum terpenuhi di dirinya. Dia sangat bingung dan bertanya-tanya. Apa yang kurang? Bukankah apa yang selama ini ia kejar, yaitu kehormatannya, sudah ia dapatkan? Sepertinya ada hal lain yang ia inginkan. Dalam pencariannya, Zuko menemukan bahwa ia adalah keturunan Fire Lord Sozin (kakek buyutnya dari garis keturunan ayah, orang yang memulai peperangan ini) dan Avatar Roku (kakek buyutnya dari garis keturunan ibu, avatar sebelum Aang). Hal ini sangat mengejutkannya. Ternyata di dalam dirinya mengalir dua darah leluhur yang bertentangan.

Keputusan akhir yang diambil Zuko sangatlah mengejutkan. Ia memilih untuk bergabung dengan Aang untuk mengalahkan ayahnya sendiri dan menghentikan peperangan ini. Zuko berkata kepada Ozai, “I know my own destiny. Taking you down, as the avatar’s destiny.” Zuko meninggalkan Ozai dan bergabung dengan Aang cs (tentu saja tidak mudah untuk bergabung dengan mereka).

 

 

 

prince zuko

prince zuko

 

Pada akhirnya, Zuko benar-benar berada di posisi lawan Ozai. Ia membantu Aang untuk mengalahkan Ozai. Zuko juga berhasil mendapatkan kepercayaan dan pengampunan dari Aang, Katara, Soka, Toph, dan Suki. Setelah Ozai berhasil dikalahkan, Zuko menjadi Fire Lord Zuko. Ia bersama Aang bekerja sama untuk mengembalikan kehormatan Fire Nation dan membawa era baru yang penuh kasih dan perdamaian di seluruh dunia.

 

avatar, master of four elements

avatar, master of four elements

 

 

Untuk teman-teman yang penasaran, silakan menonton serialnya. Ada 51 episode😀 Awas, ketagihan, he3…

Aplikasi dalam hidup sehari-hari :

Setiap orang memiliki panggilannya masing-masing. Unik. Berbeda satu sama lain. Bagi kita orang yang sudah ditebus oleh Kristus, setiap panggilan orang percaya bertujuan akhir membawa kemuliaan bagi nama TUHAN. Yang mengetahui dengan jelas apa tujuan kita diciptakan, tentu saja, adalah TUHAN sendiri, Sang Pencipta kita.

It’s in Christ that we find out who we are and what we are living for. Long before we first heard of Christ and got our hopes up, he had his eye on us, had designs on us for glorious living, part of the overall purpose he is working out in everything and everyone. (Ephesians 1:11-12, The Message)

TUHAN menciptakan manusia tidak dengan asal-asalan. TUHAN menciptakan manusia satu paket dengan tujuan hidupnya dan semua tools yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Saving is all his idea, and all his work. All we do is trust him enough to let him do it. It’s God’s gift from start to finish! We don’t play the major role. If we did, we’d probably go around bragging that we’d done the whole thing! No, we neither make nor save ourselves. God does both the making and saving. He creates each of us by Christ Jesus to join him in the work he does, the good work he has gotten ready for us to do, work we had better be doing. (Ephesians 2:8-10, The Message)

TUHAN menyelamatkan manusia dengan tujuan memulihkan ciptaan-Nya sehingga panggilan mulia bagi masing-masing manusia dapat dipenuhi. Tentu saja, manusia tidak dapat memenuhi panggilan-Nya dengan kekuatan sendiri. Panggilan adalah hal yang sangat besar. Butuh kekuatan yang besar untuk tetap berjalan dalam track yang TUHAN tetapkan. Tetapi kita tidak perlu kuatir.

But I am not ashamed, for I know whom I have believed, and I am convinced that he is able to guard until that Day what has been entrusted to me. (2 Timothy 1:12, English Standard Version)

Kasih karunia TUHAN-lah yang akan menyampaikan kita pada panggilan-Nya. Bagian kita sekarang adalah menemukan dan menjalankan panggilan-Nya dengan setia. Ada pekerjaan yang spesifik yang harus kita kerjakan. Mari kita sama-sama berdoa dan mencari panggilan-Nya bagi kita. Indah sekali jika pada akhirnya nanti TUHAN berkata kepada kita :

Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. (Matthew 25:23)

God bless you all…

50 thoughts on “Avatar, The Last Airbender – The Calling

  1. siiip…

    Gw jadi tauk ceritanya avatar secara keseluruhan nih…
    selama ini gw cuma nonton seadanya ajah…
    mmm..
    tp kok ceritanya lebih ke zuko sih???

  2. ya, kan gw mo jelasin pelajaran yang gw petik dari serial ini. buat gw, tokoh zuko ini mengajari gw tentang memenuhi panggilan. gt…

  3. wah, anggri koq bs nemu blog gw😕

    gw udah berulang kali nonton avatar. udah khattam😀

    masa yg blm lulus mentraktir yg sdh lulus? ga kebalik tuh, gri? :p

    thx 4 ur visit🙂

  4. gw kyny blom pernah ntn avatar,, makanya gabs comment bayak. Tp biasanya org yg beda bs nangkep esensi film jg beda2. Tgantung apa yg ada di hatinya.. Jd, panggilan hidup ada di hati penulis cerita ini.. Gmana dgn kita yg baca? hehehe..

  5. selera film kita emg ga sama, vid. gw sukanya film anak-anak gt, biar ga berat mikirnya, he3.. lo sukanya film apa sih? film romantis gt ya? :p

    thanks for your visit. keep visiting🙂

  6. mantap bu…
    berasa ga usah nonton aja jd tau jalan ceritanya..😀
    br tau kk yg km maksudkan dgn panggilan hidup di film avatar dgn sangat jelas …hehehe…
    yup, agree with u… semua karena kasih karunia-Nya.
    ada seorang rekan yg share bbrp wkt yang lalu…dia bergumul ttg suatu hal selama bertahun2 dan pada akhirnya dia memutuskan untuk berhenti bergumul, mengambil tindakan yang berbeda dengan yg digumulkannya..a simple reason…dia bilang..aku bisa ambil keputusan karena aku mau berjalan dalam panggilan Tuhan, tidak terlalu banyak bergumul sampai akhirnya tidak melangkah ke mana2, tp terus maju, terus berlari, dan tidak mau dilelahkan…sampai akhirnya menggenapi maksud dan tujuan Tuhan ketika menciptakannya….
    Semua tetap karena kasih karunia Tuhan.

    nice summary, dek….keep writing🙂

  7. tapi lebih seru klo nonton, cie. akan sangat banyak hikmah yang bisa diambil. ada bagian-bagian yang lucu jg.

    thanks for your comment. keep visiting🙂

  8. :)) iya2…dlm proses menyelesaikan avatar book 3 koq😛 hehehe…..dulunya gw kira avatar itu mirip ceritanya ama naruto, jd ga niat nonton deh (sorry ya buat para penggemar naruto…terlalu banyak adegan kekerasan menurutku). eh, tnyt avatar beda😀 mantap lah…

  9. makanya, jgn byk mengira-ngira, cie. taste and see… he3😀

    bgs2. keep watching avatar ya. ntar bikin resumenya

    btw, cc jd mo bikin blog? wah, klo koordinator sion nge-blog, org2 d bwhnya jg bakal nge-blog semua nih. bgs2…

  10. gw jg suka ntn film anak2, tp biasanya yg bukan anime, ky brother bear, polar express, emperor’s new groove gw sk bgt, krn ud film anak2, maknanya tetep dalem. Kcuali dtective conan, gw suka tuh. Iya, gw sk bgt film romantis, tp yg unik, soalnya bnyk film romantis yg ud mulai monoton.. hehe.. eh koq jd keterusan, si david ini klo ud ngmgin film bs ga brhenti.. yasud.. keep writing ya. Gbu

  11. iye iye…ampun deh, ampun..hehehe…
    ntar stlh cc di bdg, ajarin cc lho ya🙂

    hmm…bikin resume film avatar? kita liat aja nanti..cc bnr2 perlu belajar nulis sepertinya…🙂
    klo film…sory, vid, aku ga terlalu suka yg romantis..u know lah🙂 sejenis film2 action jauh lebih keren dan asik..tp kisah2 nyata jg ga apa asal jgn yg banyak adegan nangis2nya. klo film kartun…pilih2 lah…kungfu panda –> ga ada lucunya menurut cc🙂 hehe…selera orang emang beda2🙂

  12. Akhirnya, selese jg kutonton avatar ini…fiuhhh…bagus juga ceritanya.
    1 adegan yg membuatku terkesan sekali…adegan di mana Zuko mau bertemu dengan pamannya setelah sekian lama mereka berpisah karena keputusan Zuko wkt itu utk kembali ke Fire Nation bersama sodara perempuannya dan tidak mau lagi tinggal dgn pamannya.
    Di titik ini, Zuko benar2 merasa berdosa sekali terhadap pamannya, merasa tidak layak, ga akan diterima lg oleh pamannya….namun ia memberanikan diri menghadap pamannya di kemah itu. Ketika masuk ke kemah, sulit sekali bagi Zuko untuk berkata minta maaf dan minta untuk diampuni, kenapa? karena dia bener2 merasa tak layak, merasa bahwa pamannya tidak akan mengampuninya. Zuko mengaku bersalah, minta maaf dengan segenap hati, meminta pamannya untuk menerimanya kembali. Belum selesai Zuko berkata2, pamannya langsung memeluknya dengan sangat erat.

    Just like our Father in heaven….pada saat kita minta ampun dgn penuh penyesalan datang kepada Bapa, bahkan jauh sebelum itu, Bapa mengampuni dan menerima kita apa adanya. Zuko adalah gambaran kita ketika kita jatuh dalam dosa, namun bertobat, dan berjalan menggenapi panggilan Allah….paman Zuko yang sudah dianggap Zuko sebagai ayahnya sendiri adalah gambaran Bapa di surga terhadap hidup kita..tetap mengasihi kita, menuntun langkah2 kita, menerima kita apa adanya, tapi tidak membiarkan kita hidup seadanya…Ia ingin kita hidup dalam panggilan Allah.

    1Yoh 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

    nice story of Avatar

  13. I Love Avatar,,,mantap,,gmn ya kalo W bisa kaya gt,,,punya 4 element gt,,,wah,,,,asyik kalee yee

  14. sebuah film yang extraordinary mangstap, maknyus kalau kata Pak Bondan . Dan ku rasa ini film bukan konsumsi anak-anak,
    Butuh IQ dan nalar yg tinggi untuk bisa mencerna film ini, seperti saya ini hahaha

  15. gw juga suka bgt sm film avatar.
    slain emang critanya bagus,
    pbuatannya jg gak asal kartun kyknya,
    keren bangetzz..
    * ^_^ *
    selain aang n d’ geng, gw paling suka sama princess azulla!
    dy pinter, jenius, cantik, n kaya raya…!!!

  16. Wah, g baru join neh. G dah baca dari kmarin2, hehehe

    Klo g suka banget ma anime naruto, number one … trus Avatar the next one … tp g komen dikit donk. Naruto terlihat “lebih keras” daripada Avatar coz emang itu crita tentang Ninja. Jadi bisa dipahami hal itu dari latar belakang cerita, negara pembuatnya, dll. Tp jujur, Naruto itu kentel banget ma persahabatannya. Apalagi tentang Naruto & Sasuke (yg lain2 juga ada kok, sama Sakura, Shikamaru, Chouji, Kiba, dll). Bertahun2, Sasuke ninggalin desa tetep aja Naruto sayang & care ma dia, mo dia kembali.

    Klo Avatar, tu juga seru … klo dibandingan dari grafik2 berantemnya, g acungin jempol buat Avatar, lebih seru dibandingin Naruto .. Naruto berantem2nya bete, kecuali bbrp segment, ada yg nyentuh hati banget. Avatar bagus inti ceritanya, sperti yg ditulis di blog ini deh. Moral ceritanya jg bagus, dari segi psikologis juga. D mana wktu Aang marah & emosional banget wktu Appa diambil, terus wktu dia stress mo hadapin Raja Api. Gmana gk stress, wong nasib dunia d tangan dia, seorang bocah yg masih suka main2, hehehe

  17. wah aku senang nonton avatar gara2 anak, memang mantap nich cerita, kalo mau dapat cerita avatar seluru seri cari dimana ya?

  18. @ ecolove :
    mgkn di gramedia ada (dan berlisensi jg). klo saya sih dapat di situs internal kampus yg biasa meng-uplot film2..
    thanks for visiting my blog🙂

  19. hy……………… wah mkin ciiip ae , , , !!! film avatar n Q senang buuaangeeeet nOntn avtar cZ film ni cngat bermanfaat bngeeeeeeeet bgi kta hsusx gi ank2 kciiil n smoga avtar ttp jya n skses. AmiEn……………………!!!

  20. Wa sering nonton vilm anak2 tapi wa cepet merasa bosan tapi lw wa nonton vilm avatar wa merasa tidak da kebosanan yang wa alami.cerita yang da didalam x mempuxai makana yang sangat dalam itu yang memebuwat wa mengetahui pa arti hidup nie……………………….??????????????????????

  21. Salam aang! ! Saya penggmar film avatar,,, film@ seru bnget, bnyak jg pengetahuan yg saya dapatkn dari film trsebut. . ! ! Kalo bisa, ciptakan film avatar yg baru d0nk! ! ! Soalnya di gl0bal tv yg tu2 ja di putas, kira2 dah 10 x ulang. . . . Salam aang. . .

  22. Klo mau kepingin bgt jadi avatar, makanya kita belajar tuk bersenyawa dg unsur2 tersbt. Dgn cara penyerapan energi lwt yoga or meditasi. he.he.he. tp gue cuma teori. Dr pglaman orang2 tu.

  23. Memang banyak yang bisa diambil hikmah dari film animasi avatar dan akupun termasuk salah seorang fans film ini. Soalnya film ini mengisahkan pentingnya keselarasan antara manusia dan alam sekitarnya juga sebuah kebetulan aku sedang menulis blog tentang 4 elemen penyangga kehidupan di bumi ini. Salut buat penulis blog ini yang dapat memetik hikmah yang orang banyak mengira film kartun itu cuma sekedar hiburan semata. Jika tidak keberatan blog ini aku postlink di blog ku tapi jika si mbak keberatan silakan hubungi ke email ku atau shout aja di blok ku trimakasih.

    Note:

    Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al-Quran itu benar. Dan apakah Rabbmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu
    QS. Fushshilat (41) : 53

    Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Rabb mereka. Ingatlah, bahwa sesungguhnya “Dia Maha Meliputi segala sesuatu”.
    QS. Fushshilat (41) : 54

    Berhubung aku seorang muslim ini ayat sekedar penambah dukungan akan pesan pentingnya menjaga keselarasan alam demi keseimbangan kehidupan manusia itu sendiri. Sekali lagi trimakasih dan salam kenal semoga terjalin silaturahmi dalam kedamaian sesama makhluk ciptaan Sang Maha Pengasih. Amin.

  24. Bagus. Menurut ceritanya, Sebelum masa Avatar, pengendali api belajar dari para naga. Mengendalikan energi d tubuhnya.
    Film Avatar aang mengajarkan kita pengendalian…
    Pengendalian Diri.
    Orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan amarahnya
    Gak terasa skrg filmnya sudah sampai rencana penyerangan Negara api (lagi).
    Giliran dtonton terasa lama banget, waktu g dtonton sdh sampai episode itu lagi, hoho

  25. Saya malah sangat tertarik dengan peran dari tokoh pendampingnya (bukan tokoh utama), Jenderal Airol (paman Zuko) yang menjadi tokoh “penasehat” bagi Zuko yang bisa membimbing Zuko menemukan kebenaran dan takdirnya. Tokoh satu lagi adalah Saka, sebagai seorang yang biasa tidak mempunyai kekuatan pengendali tapi mampu berperan banyak dalam perjuangan Aang dan team. Artinya bukan hanya keistimewaan otot dan kekuatan tetapi Saka digambarkan sebagai seorang yang cukup cerdik dan strategif. Tokoh Saka sangat menginspirasi saya bahwa sebenarnya semua orang menpunyai potensi yang sangat besar untuk melakukan hal yang besar walaupun dia dianggap sebagai orang biasa. artinya tidaklah harus mempunyai keistimewaan tertentu yang luar biasa untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa karena sebenenarnya semua dari kita adalah LUAR BIASA…

  26. wah!!aq uda teng0k wyg avatar sungguh besz la..aq jgk mau mengandalikan kesemua elemen2 i2 tp syg nya ngak bisa..aq arap avatar bisa mmbntu ku..hahahakz..

  27. saya jg pengemar Aang, dah abis saya tonton filmnya setahun lalu. tp masih pengen nonton neh..ad link download fullserinya g?:)sediain donk. biar makin lengkap blogmu ini hehe..makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s