berkenalan dengan tumor

Pengalaman pernah memiliki tumor membuat saya membaca banyak referensi mengenai tumor dan kanker, baik tentang penyebabnya maupun tentang penyembuhan/penanganannya.

Tumor (berasal dari tumere bahasa Latin, yang berarti “bengkak”), merupakan salah satu dari lima karakteristik inflamasi. Namun, istilah ini sekarang digunakan untuk menggambarkan pertumbuhan jaringan biologis yang tidak normal. Pertumbuhannya dapat diogolongkan sebagai ganas (“malignant”) atau jinak (“benign”).

Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak tissue yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih metastasis, tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Sel dan jaringan tubuh terus berfungsi dalam keseimbangan. Ada saat membelah, bertumbuh, dan pada saat lain dihancurkan dan dibuang. Dalam perjalanan melakukan fungsinya, sel atau jaringan dapat mengalami gangguan keseimbangan. Salah satu ketidakseimbangan yang dapat terjadi adalah suatu sel atau jaringan yang bertumbuh di luar kebiasaannya, di mana ia bertumbuh secara liar dan tidak bisa dikontrol sehingga tumbuh sel atau jaringan yang tidak normal yang disebut tumor. Tumor ada dua macam, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya tumbuh membesar, tidak terlalu berbahaya, dan tidak menyebar ke luar jaringannya. Tumor ganas sangatlah berbeda, sehingga disebut kanker. Kanker adalah sel yang telah kehilangan kendali dan mekanisme normalnya sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak wajar, liar, dan kerap kali menyebar jauh ke sel atau jaringan lain serta merusaknya.

Tumor disebabkan oleh mutasi dalam DNA sel. Sebuah penimbunan mutasi dibutuhkan untuk tumor dapat muncul. Mutasi yang mengaktifkan onkogen atau menekan gen penahan tumordapat akhirnya menyebabkan tumor. Sel memiliki mekanisme yang memperbaiki DNA dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel untuk menghancurkan dirinya melalui apoptosis bil DNA rusak terlalu parah. Mutasi yang menahan gen untuk mekanisme ini dapat juga menyebabkan kanker. Sebuah mutasi dalam satu oncogen atau satu gen penahan tumor biasanya tidak cukup menyebabkan terjadinya tumor. Sebuah kombinasi dari sejumlah mutasi dibutuhkan.

Beberapa penyebab tumor/kanker :

  1. Faktor keturunan. Menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengidap tumor/kanker dibandingkan denga keluarga lain.
  2. Faktor lingkungan, seperti asap rokok, radiasi sinar matahari, dan radiasi ionisasi (radiasi nuklir).
  3. Makanan, yaitu makanan yang diawetkan, diasamkan, diberi zat pewarna; makanan yang dibakar atau digoreng secara berlebihan; produk-produk asam lemak trans; makanan yang mengandung logam berat dan makanan yang diproses secara berlebihan.
  4. Bahan kimia.
  5. Virus.
  6. Infeksi.
  7. Faktor perilaku.
  8. Zat karsinogen.
  9. Gangguan keseimbangan hormonal.
  10. Faktor kejiwaan dan emosional, seperti tingkat stress.
  11. Radikal bebas, yaitu suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan di lingkungan luarnya.

Tumor/kanker diobati dengan cara :

  1. Chemotherapy, yaitu meracuni atau membunuh sel-sel kanker, mengontrol pertumbuhan sel kanker, dan menghentikan pertumbuhannya agar tidak menyebar, atau untuk mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh kanker.
  2. Penyinaran (radiasi). Terapi ini dilakukan biasanya sebelum atau sesudah operasi untuk mengecilkan tumor. Tujuannya untuk mencegah sel-sel kanker berkembang, tetapi masih memungkinkan untuk sel-sel normal menjadi tumbuh kembali melalui penyinaran dengan dosis yang tepat.
  3. Pembedahan (operasi). Beberapa kanker sering dapat disembuhkan jika pembedahan dilakukan pada stadium dini.
  4. Terapi kombinasi dari pembedahan, chemotherapy, dan penyinaran.

Kita dapat mencegah tumor/kanker dengan melakukan pola hidup yang sehat. Hal-hal penyebab tumor/kanker di atas harus dihindari. Memang sulit untuk mengubah pola hidup, terutama makanan. Tetapi kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Tidak ada salahnya jika kita mencoba dari sekarang, karena mencegah itu lebih baik (dan murah) dari pada mengobati.

Bagi Anda yang sekarang sedang bergumul dengan tumor/kanker di tubuh Anda, jangan takut. Saya percaya firman TUHAN berlaku juga buat Anda.

Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. (Isaiah 53:4-5)

Percayalah bahwa Yesus sudah menanggung segala akibat dari dosa-dosa Anda, termasuk sakit-penyakit Anda. Ia sudah menanggung semuanya ketika Ia mati di kayu salib 2000 tahun yang lalu. Yesus dicambuk dengan tujuan menyembuhkan semua sakit-penyakit Anda, supaya bilur-bilurnya menyembuhkan Anda. Bagian Anda hanyalah percaya dan menerima keselamatan dan kesembuhan yang Yesus berikan melalui iman Anda. Mungkin Anda tidak sembuh secara mujizat, tetapi melalui operasi (seperti saya). Tetapi percayalah, bahwa Yesus menyembuhkan Anda melalui tangan paramedis yang menangani Anda. Percaya juga, bahwa Allah bekerja dalam segala sesuatu (suka maupun duka, baik maupun buruk) untuk mendatangkan kebaikan bagi Anda.

That’s why we can be so sure that every detail in our lives of love for God is worked into something good. (Romans 8:28, The Message)

Saya percaya. Bagaimana dengan Anda?

God bless you all…

2 thoughts on “berkenalan dengan tumor

  1. Prinsip kemoterapi adalah menghentikan pertumbuhan sel tubuh yang mempunyai sifat pertumbuhan dengan kecepatan yang relatif cepat dibandingkan sel tubuh yang lain. Karena itu pertumbuhan sel tumor/kanker hampir dapat diatasi dengan baik melalui cara ini. Risiko yang sering kita lihat pada pengobatan cara ini adalah rontoknya rambut di kepala orang yang bersangkutan. Mengapa? karena rambut tergolong sel yang pertumbuhannya cepat.
    Pengobatan yang bisa manusia pikirkan selalu menimbulkan efek samping seperti yang sering kita alami.
    Sampai hari ini, efek samping terbaik bisa Anda alami ketika pengobatan dilakukan dengan ‘bilur-bilur Yesus’…no risk at all🙂
    Puji Tuhan, dokter dan pengetahuan Tuhan berikan pada kita untuk mengatasi sakit penyakit itu….
    Puji Tuhan, Allah kita tetap sama dulu sekarang dan sampai selama-lamanya… Dia tetap Allah yang menyembuhkan…Jehovah Rapha…
    Dia menyembuhkanku, Dia menyembuhkan Crizz….Dia juga menyembuhkan Anda.🙂

  2. karena postingan ini hanya perkenalan terhadap tumor, saya tidak menjelaskan dengan detail sampai ke efek samping chemotherapy.
    tetapi saya akan menjelaskannya di sini saja.

    beberapa efek samping chemotherapy :
    1. efek samping pada sumsum tulang, yaitu menurunnya jumlah sel-sel darah, seperti leukosit, eritrosit, dan trombosit. tetapi seminggu kemudian jumlah sel darah dalam peredaran akan kembali normal.
    2. infeksi, karena menurunnya jumlah eritrosit. gejalanya adalah panas, sakit tenggorokan, batuk, gangguan saluran pernapasan, rasa panas saat buang air kecil, menggigil, luka yang memerah, bengkak, dan rasa hangat.
    3. anemia, karena menurunnya jumlah eritrosit.
    4. perdarahan, karena menurunnya jumlah trombosit.
    5. rambut rontok.
    6. rasa gatal pada kulit dan kuku.
    7. mual dan muntah.
    8. dehidrasi dan tekanan darah rendah.
    9. sembelit/konstipasi.
    10. diare
    11. gangguan sistem saraf, terjadi dalam jangka waktu yang lama setelah chemotherapy.
    12. rasa lelah

    thanks for your visit, cie. keep visiting😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s