seberapa kenal anda dengan kota bandung?

 

Pasupati Bridge

Pasupati Bridge

 

beberapa waktu yang lalu saya mengikuti reses bg henry di belee gazeebo bandung. bingung ga? hehe. bg henry (Henry Pantas Panggabean, M.T.) adalah pemimpin pelayanan kami di Pelayanan Mahasiswa Sion ITB. beliau adalah lulusan Teknik Informatika ITB angkatan 1989. sekarang beliau masih menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat II Kota Bandung di Komisi A (2004-2009). reses adalah pertanggungjawaban dari anggota dewan kepada masyarakat yang sudah memilihnya. pada pemilu 2004, bg henry berasal dari daerah pemilihan II kota bandung. so, yang menghadiri reses ini adalah para ketua RT dan RW dari daerah tersebut. kebetulan laptop saya dipakai untuk presentasi, jadi saya menghadiri reses itu deh. balee gazeebo adalah rumah makan seafood sunda yang berada di perempatan gasibu-suci (hehe, ga penting).

pada reses ini, bg henry menyampaikan banyak hal. semuanya tentang kinerja dewan dan pemerintah kota (ya iya lah..). bg henry meminta maaf kepada masyarakat karena kinerja yang kurang baik dari dewan dan pemerintah kota dari berbagai bidang, terutama bidang pendidikan dan kesehatan.

tibalah sesi tanya jawab. beberapa orang menyampaikan pertanyaan dan aspirasi mereka kepada bg henry. yang menarik adalah ada seorang ketua RT yang “mengetes” pengetahuan bg henry sebagai anggota DPRD Kota Bandung. berapa luas kota bandung? ada berapa kecamatan dan kelurahan di kota bandung? ada berapa RW dan RT di kota bandung?

wow… saya hanya terbengong-bengong mendengar pertanyaan itu. saya adalah warga kota ini. bahkan mama dan papa saya aja ketemunya di kota ini. saya sejak lahir hingga saat ini (23 tahun 4 bulan 11 hari) hidup di kota bandung. dan saya menyadari bahwa saya tidak tahu apa-apa tentang kota ini >.<

yang membuat saya semakin terbengong-bengong dan terpesona adalah jawaban bg henry. dengan mantap bg henry menjawab bahwa luas kota bandung adalah 16.767 ha. terdiri dari 30 kecamatan dan 151 kelurahan. terdiri dari sekitar 1500 RW dan sekitar xxxxx RT (saya lupa jumlahnya).

wow!! dahsyat!! memang terbukti jika bg henry benar-benar memperhatikan kesejahteraan kota ini. bravo bg henry!!

jika anak-anak TUHAN berkata bahwa mereka peduli dengan kesejahteraan kota dan bangsa mereka, seharusnya mereka memiliki pengetahuan seperti yang dimiliki bg henry tentang kota dan bangsa mereka. ini adalah salah satu bukti nyata jika mereka memperhatikan kota dan bangsa mereka. bukan hanya dengan berdoa keras-keras dan tidak melakukan apapun.

well, malam ini kami akan turun ke jalan untuk makan bersama orang-orang kecil di pinggir jalan. berharap ada sesuatu yang lebih besar yang bisa terjadi, tidak hanya membagikan kasih Kristus melalui makanan, tetapi melalui perbuatan dan kuasa. amen!!

bless us, Lord.

5 thoughts on “seberapa kenal anda dengan kota bandung?

  1. wes,, pertamax..

    hehe

    pertama kali baca kata ‘reses’, aku terpikir sebuah benda yang sering keluar dari tubuh kita…

    anyway, keren juga tuh bang henry bisa jawab soal tersebut. Untung penanya nya ga nanya, “berapakah luas kota bandung pada tahun 1032?” bisa debat di tempat tuh.

    salam super

  2. wow..ok bgt dah. gw aja sebagai orang cilacap yang bertahun2 tinggal di cilacap (lbh lama daripada tinggal di bdg) lupa luas kota cilacap…brp banyak kecamatannya…pdhl dl wkt SD pernah suruh nggambar kecamatan2 yang ada dan hafalin jg….keren bgt deh bang hen

Leave a Reply

