my wisdom teeth

rekan sepelayanan saya, Ps. Stefanus Risen Delta, S.T., menderita sakit gigi beberapa minggu yang lalu. sakit gigi kenapa? ternyata gigi gerahamnya tumbuh. hmm.. seingat saya, akhir tahun yang lalu, dia menderita sakit yang sama juga. koq sering-sering banget ya?

saya jadi berpikir, rasanya saya belum pernah sakit gigi seperti itu. akhirnya saya sadar ternyata gigi geraham bungsu saya belum tumbuh satu pun. untuk lebih meyakinkan diri saya, saya mengecek gigi-gigi saya di depan cermin. ternyata si setiap  bagian rahang (baik kiri atas, kiri bawah, kanan atas maupun kanan bawah) hanya ada dua molar.

oia, gigi geraham ada dua jenis, yaitu gigi geraham depan (premolar) dan gigi geraham belakang (molar). hmm, jadi teringat pelajaran biologi waktu SMP😀 pada manusia dewasa, ada delapan gigi seri, empat gigi taring, delapan geraham depan, dan dua belas geraham belakang. so, jumlah semuanya adalah 32 gigi. sementara ini, jumlah gigi saya masih 28 gigi.

 

gigi seri

gigi seri

 

gigi taring

gigi taring

 

gigi geraham depan

gigi geraham depan

 

gigimolar2

gigi geraham belakang

 

menurut literatur yang saya baca, gigi geraham bungsu merupakan gigi terakhir yang tumbuh baik pada rahang atas maupun rahang bawah. nama lainnya adalah wisdom teeth. diberi nama seperti itu karena gigi ini tumbuh saat seseorang berusia 17-25 tahun, yaitu usia di mana dia dianggap sudah dewasa atau bijaksana.

karena kebiasaan-kebiasaan makan manusia zaman sekarang, terkadang rahang manusia tidak sanggup menampung ke-32 giginya. kondisi tersebut menyebabkan gigi geraham bungsu sering tidak tumbuh secara normal, gigi dapat tumbuh menyimpang ke arah pipi atau lidah, mendesak gigi sebelahnya atau bahkan impaksi, sama sekali tidak dapat tumbuh atau terpendam. keadaan ini menjadi penyebab infeksi. juga ada efek samping lainnya, yaitu keluhan migrain dan rasa sakit yang berkepanjangan pada kepala, sakit pada leher, kepala dan wajah yang kronis dengan gejala yang tidak spesifik. bila keadaan ini terjadi maka perlu di lakukan eliminasi gigi dan biasanya dilakukan oleh ahli bedah mulut dengan operasi minor klinik gigi.

 

wisdom teeth

wisdom teeth

 

hmm… semoga ntar waktu gigi geraham bungsu saya tumbuh tidak menyakitkan. aminnn…

10 thoughts on “my wisdom teeth

  1. hehehe…msh 28 bh ya dek..kita tunggu aja tuh kemunculan 4 yg lain dlm wkt dkt ini (beneran nih sampe sekitar umur 25?) ya…berharapnya ntar…setelah 4-4nya tumbuh…emang beneran dah jd wisdom😀
    Dan berarti…Ps. St. Risen Delta S.T. sudah setengah ‘wisdom’ ya..krn dah numbuh 2😆 hehehehe….wisdom dr sudut mana dl nih😆

  2. pasti sakit ga sih pas tumbuh? mm.. masa sih geraham bungsu gw blom tumbuh?:-/

    @bang rivel: ps = pastor, bang😀 kan beliau itu pastoral cowo sion saat ini🙂

  3. @ cie siska : emg gigi cc udah tumbuh semua gt? hahahaha.. mana ada istilah setengah wisdom :p

    @ yohanes : horeeee… gw ada temen yg blm tumbuh giginya😀 biar lbh yakin, cek aja di depan cermin

  4. @crist: hehe…ga tau jg ya dah numbuh semua ato belum..(blm liat cermin sambil ngitung2 gigi)..hehehe… yg pasti dah numbuh minimal 2 lah…soalnya 2 itu yg terasa wkt numbuh. nah itu pun ga kaya risen yang sampe ‘demam’ gitu krn sakit gigi. wkt gigi cc numbuh, ga sakit ah..cm di gusi terasa tebal aja😀
    setengah wisdom itu mirip dgn setengah isi ato setengah kosong ato setengah hidup…bla bla bla😀 hehehe….ya mana ada laaahh😀

    @yohanes: coba aja lu buka mulut di dpn cermin….itung!! hehe…tp sikat gigi dl..biar ga bau😛

  5. “karena kebiasaan-kebiasaan makan manusia zaman sekarang, terkadang rahang manusia tidak sanggup menampung ke-32 giginya. kondisi tersebut menyebabkan gigi geraham bungsu sering tidak tumbuh secara normal, gigi dapat tumbuh menyimpang ke arah pipi atau lidah, mendesak gigi sebelahnya atau bahkan impaksi, sama sekali tidak dapat tumbuh atau terpendam. keadaan ini menjadi penyebab infeksi. juga ada efek samping lainnya, yaitu keluhan migrain dan rasa sakit yang berkepanjangan pada kepala, sakit pada leher, kepala dan wajah yang kronis dengan gejala yang tidak spesifik. bila keadaan ini terjadi maka perlu di lakukan eliminasi gigi dan biasanya dilakukan oleh ahli bedah mulut dengan operasi minor klinik gigi.”

    Duh serem banget. Mana wisdom teeth aku belum tumbuh lagi.
    :pusing2:

  6. hmmm…numpang tnya dunk om dan tante.. kl di cabut sama di operasi kecil beda gak ya?? trus yg mana yg lebih sakit y ?? hiks…. thx

  7. wah..bidang aku ini….🙂

    emang sih normalnya gigi manusia ada 32…termasuk 4 di antaranya gigi bungsu itu…tapi..ada kalanya seseorang itu ga punya gigi bungsu krn memang dia tak ada benih nya..kalo gada benih nya ya ga mungkin tumbuh.
    kita bisa tau punya benih gigi bungsu atau tidak bisa lakukan rontgen foto panoramik..
    klo gigi bungsunya kira2 mau tumbuh…rajin-rajinlah membersihkan gigi, terutama yg paling belakang…. karena infeksi itu terjadi salah satunya karena plak yang tertimbun menyebabkan gusi dan jaringan sekitarnya meradang….. ya setidaknya perlakuan ini bisa meminimalisir terjadinya rasa sakit krn infeksi…
    meskipun memang gigi bungsu yg tumbuh nya ga normal dan menyebabkan sakit harus di cabut dgn bedah minor..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s