kids (and I) hate vegetables

menurut artikel yang saya baca, ternyata selera makan seorang anak sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan oleh sang ibu saat mengandung dan menyusui anak itu. hal ini sudah dibuktikan melalui riset.

saya tidak tahu apakah hal ini akan terus berpengaruh pada anak sampai anak tersebut dewasa, maksudnya mempengaruhi selera makan anak sampai seumur hidupnya. tetapi setidaknya hal ini sangat berpengaruh saat anak masih kecil.

yang menarik, di bagian akhir artikel tertulis : namun jika Anda ingin memiliki anak yang tidak susah makan sayur, kini Anda tahu bagaimana caranya. hoahahaha.. saya tertawa saat membacanya.

saya tidak suka makan sayur. sejak kecil saya sangat tidak menyukai sayur. dulu saya makan sayur hanya jika mama saya ada di rumah saat saya makan. so, saya makan sayur karena saya takut diomelin mama. nanti mama pasti bilang gini, “udah dimasakin sayur koq ga dimakan.” biar aman, dulu saya hanya mengambil kuahnya dan sedikit sekali daun sayur itu. yang penting ada sedikit warna hijau di makanan saya. nah… jika mama saya tidak ada di rumah, makan saya tidak akan mengambil sayur itu sedikitpun, bahkan kuahnya pun tidak. ujung-ujungnya tetep diomelin sama mama, karena sayur tidak berkurang sedikitpun, sementara nasi, lauk-pauk, dan buah berkurang secara significant, hehe..

adik saya juga melakukan hal yang sama. dia juga tidak suka makan sayur.

so, kesimpulannya : mama waktu hamil ga suka makan sayur, wkwkwkwk…

waktu saya pergi ke cilegon bersama beberapa teman dari sion dan gereja, k’diana (salah seorang pendoa syafaat gereja) cukup terheran-heran melihat saya yang tidak makan sayur sama sekali. lalu kk itu bertanya, “ntar klo anak kamu ga suka makan sayur gimana?” hmmm.. saya jd bingung menjawabnya:mrgreen:

mengapa saya tidak suka sayur? jawabannya : sayur itu bukan makanan yang menarik untuk dimakan. selalu ada penolakan dari dalam diri saya setiap kali melihat sayur. bisa dibilang saya dan sayur itu memiliki kutub magnet yang sama, jadinya tolak-menolak deh, hehe.

saya pernah melihat di oprah show, ada seorang ibu yang berhasil memanipulasi sayur-sayuran menjadi makanan yang disukai oleh anak-anaknya. bahkan dia menuliskan rahasianya itu ke dalam sebuah buku dengan judul Deceptively Delicious. penulisnya adalah Jessica Seinfeld (istri Jerry Seinfeld, yang membuat film Bee Movie).

di buku ini, Jessica mengajarkan para ibu untuk membuat “pure”, yaitu suatu ramuan dengan bahan utama sayur-sayuran apapun yang bisa dicampurkan ke dalam makanan tanpa terlihat bentuk sayurnya dan terasa rasa sayurnya. idenya memang sangat menarik dan berhasil dia terapkan di keluarganya. tanpa sepengetahuan anak-anaknya, mereka sebenarnya sedang memakan tomat, brokoli, bayam, dll. “pure” tersebut dicampurkan ke dalam makanan yang disukai anak-anak, seperti nugget, daging, dll.

ini adalah gambar hasil masakan Jessica (dan tentu saja menggunakan campuran “pure”) :

 

 

 

nyammm… terlihat enak bukan? saya pernah melihat buku ini di beberapa toko buku impor. mahal euy >.< tapi, dari hasil resep masakan yang ada di buku, terlihat bahwa Jessica benar-benar berhasil memanipulasi bentuk dan rasa sayur ke dalam makanan yang disukai anak-anak. resepnya memang sangat perlu untuk ditiru apalagi jika memiliki anak yang susah makan sayur (seperti saya) :p

8 thoughts on “kids (and I) hate vegetables

  1. tapi ga smua jenis sayur kan yg km g suka?kk jg g suka, tp ga semua lo😀 btw klu waktu hamilnya ibu g suka mkn sayur,tapi suaminya suka mkn sayur…ngaruh ga y?hehe…:)

  2. Sayur tuh enak kak….
    I’m almost vegetarian…
    hohohooh…

    Kalo bedasarkan pengalaman mak gw waktu membesarkan gw….
    emang dari bayi dah dibiasain makan sayur….
    buburnya ada sayur…
    *ya, intinya mah saya dibiasakan makan sayur dari lahir*
    hohoohoho…

  3. dasar, makan aj pilih2
    tp dulu sy sblm msk sma *****
    makan sngt pilih2
    g mw mkn tempe, tahu, ikan, sayur, dll
    mwny mkn yg enak2 trus

    tp stlh msk sma *****
    makan g pake pilih2 lagi

    mknya jgn jd anak rumahan trus
    ntar pasti klo keadaan mendesak
    bisa2 jadi pemakan segala, hehe

  4. @ joice : dulu mak gw ngasih sayur jg wkt gw msh kecil , tp gw tolak mulu, hehe

    @ steven : untung aku ga masuk sma ****** hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s