the lord your healer (1)

ini adalah point-point dari buku yang beberapa hari ini (terpaksa) aku baca, yaitu buku TUHAN Penyembuhmu (The Lord your healer) karya Ev. Reinhard Bonnke.

Halaman pertama dari Alkitab mengatakan “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik” (Kejadian 1:31). Halaman terakhir berkata “dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita” (Wahyu 21:4). Semua bermula dengan sangat indah dan akan berakhir dengan cara demikian.

Penyakit di dalam dunia Allah adalah seperti rumput liar di sela-sela tanaman gandum. Tetapi jangan salah – Allah tidak menabur benih rumput liar. “Seorang musuh yang melakukannya” (Matius 13:28). Allah mengirim Yesus yang “berjalan keliling sambil menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia” (Kisah Para Rasul 10:38). Itu adalah aksi protes Sang Pencipta melawan sabotase Iblis atas pekerjaan-Nya.

Mengapa kita dapat disembuhkan?

  1. Kita dapat mengharapkan kesembuhan karena Yesus tidak berubah. “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” (Yakobus 1:17). Yakobus memiliki gambaran tentang alat penunjuk waktu yang menggunakan sinar matahari. Matahari terbit dan tenggelam. Pada saat kita melihatnya bergeser di langit, bayangan pada alat penunjuk waktu berpindah. Kemudian datanglah saatnya di mana tidak ada bayangan. Pada tengah hari matahari mencapai puncaknya dan bayangan itu hilang. Setelah lewat tengah hari matahari mulai turun, dan bayangan perlahan-lahan muncul kembali. Inilah yang dilakukan matahari. Sebaliknya, Yakobus menggunakan kata-kata “Bapa segala terang”. Yesus adalah terang di atas segala terang, terang dunia, dan tidak ada perubahan di dalam diri-Nya yang menyebabkan terbentuknya bayangan. Dia selalu ada pada puncak kuasa-Nya selama-lamanya. “Tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” Dia tidak pernah berubah, tidak pernah naik ataupun turun, tidak pernah terbit atau terbenam. Dia selalu berada pada ketinggian kemuliaan-Nya, mencurahkan kasih dan hidup-Nya dalam kepenuhan dan kecemerlangan-Nya. Itulah sebabnya berjuta-juta orang disembuhkan hari-hari ini.
  2. Kita dapat mengharapkan kesembuhan karena Yesus telah memulainya. Kesembuhan berasal dari Allah. Itu bukan rancangan kita. “Lalu Abraham berdoa kepada Allah dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan istrinya dan budak-budaknya perempuan” (Kejadian 20:17). Tidak seorangpun mengajukan hal kesembuhan kepada Allah atau memohon kepada-Nya. Dia melakukannya karena itu adalah sifat dasar-Nya. Dia senang melakukannya. “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita” (Matius 8:17). Ini adalah kutipan Yesaya 53, mengenai penyaliban. Kristus memlikul kelemahan dan dosa kita dalam tubuh-Nya di kayu salib. Jika Yesus mati bagi kita, tidaklah terlalu muluk jika kita mengharapkan Dia untuk menyembuhkan kita.
  3. Kita dapat mengharapkan kesembuhan karena nama Allah. Nama Allah adalah Jehovah Rapha, “TUHAN yang menyembuhkanmu”. Itu seakan-akan menjadi lencana kantor-Nya sebagai Sang Penyembuh Besar. Tidak seorangpun sekarang ini perlu mengambil kesimpulan tentang identitas-Nya. Nama-Nya telah menunjukkan pada kita siapa Dia. Dia menyembuhkan dan dalam kemuliaan-Nya hanya itu yang Dia lakukan. Kesembuhan adalah musik bagi jiwa-Nya.

to be continued…

One thought on “the lord your healer (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s