tumor??

postingan pertama di tahun ini!!! hehe.

di sini saya mau bercerita tentang kesehatan, khususnya kesehatan wanita. diambil dari pengalaman pribadi saya.

saya adalah mantan penderita tumor payudara. saya sudah operasi 2x loh. 19 juli 2008 dan 19 desember 2009. pada awalnya, saya tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi pemicu tumbuhnya tumor ini di dalam tubuh saya. saya pikir karena saya makan makanan yang mengandung zat karsinogenik. lalu saya mulai membaca beberapa buku dan artikel mengenai tumor dan kanker. sejujurnya, setelah pengetahuan saya mengenai tumor dan kanker bertambah, justru saya menjadi semakin takut. pengetahuan memang tidak memerdekakan, kebenaranlah yang memerdekakan kita🙂

saya mulai mengkonsumsi makanan dan yang mengandung zat anti-karsinogenik, seperti bawang bombai, mentimun, teh hijau, daging sapi, dll. tetapi anehnya, ada tumor yang tumbuh lagi, malahan dalam waktu yang sangat singkat. kurang dari setahun sejak operasi pertama saya, sudah ada 4 benjolan yang tumbuh, bahkan salah satu benjolan itu berukuran cukup besar, kira2 3cm.

akhirnya saya berkonsultasi ke dokter spesialis bedah tumor. saat pertama berkunjung, saya memperlihatkan hasil USG yang menunjukkan ada 4 benjolan di payudara saya. dokter ini langsung bisa menceritakan apa penyebabnya.

ternyata oh ternyata…

“saya langsung tahu apa penyebab benjolan ini. anda mengalami ketidakseimbangan hormon. terlihat dari jerawat di wajah anda”

heuheuheu.. >.<

jadi, menurut dokter, saya mengalami ketidakseimbangan hormon. produksi hormon estrogen di tubuh saya berlebihan. (ada yang kekurangan hormon estrogen? saya bagi2 deh, hehe).

apa sih hormon estrogen itu?

hormon estrogen dimiliki oleh pria dan wanita, tetapi jumlahnya lebih banyak di dalam tubuh wanita. untuk wanita, hormon ini diproduksi di ovarium dan diaktifkan oleh FSH (follicle-stimulating hormon). fungsinya antara lain membentuk endometrium (dinding rahim) pada uterus (rahim) dan mempengaruhi perkembangan kelamin sekunder pada wanita (salah satunya adalah payudara). masih ada fungsi-fungsi lain dari hormon estrogen, tetapi tidak saya tuliskan di sini.

bisa dibilang hormon estrogen ini mempersiapkan wanita untuk memiliki anak. hormon ini mempersiapkan dinding rahim untuk ditanami janin dan mempersiapkan payudara untuk menyusui.

nah, inilah keunikan tubuh saya. karena saya belum melahirkan dan menyusui, tubuh saya berpikir payudara dan rahim saya belum selesai dibentuk. (cara berpikir yang aneh _ _”). padahal kenyataannya sudah selesai dibentuk, tinggal menunggu waktu penggunaannya saja. tetapi karena tubuh saya berpikir demikian, maka pertumbuhan yang berlebihan mulai terjadi. pertama di payudara, sehingga timbul tumor. lama2, bisa juga terjadi di rahim, yaitu dengan tumbuhnya tumor di rahim, atau yang lebih beken dengan sebutan kista.

satu-satunya jalan keluar adalah dengan mengurangi bahan baku pembuatan hormon estrogen. klo bahan bakunya sedikit, maka produksinya juga sedikit. dokter melarang saya untuk mengkonsumsi makanan-makanan berikut :

  • daging ayam broiler
  • daging berlemak
  • jeroan dan ribs
  • santan

mengapa daging ayam broiler? kita semua tahu bahwa ayam broiler bisa jadi gendut gara2 disuntik steroid. nah, steroid ini merupakan struktur kimia yang menjadi inti dari hormon estrogen alias bahan baku hormon estrogen.

daging berlemak, jeroan, ribs, dan santan mengandung lemak (hehehe, semua jg tau :p). steroid itu sebenarnya lemak, lebih tepatnya senyawa organik lemak sterol. yah, dipikir2 sendiri deh hubungannya apa, huehehehe…

klo butuh lemak, disarankan mengkonsumsi lemak nabati, tetapi bukan santan.

selain itu, ketidakseimbangan hormon juga bisa diatasi dengan berolahraga. untuk hal ini, saya no komen deh😀

menurut dokter, ketidakseimbangan ini akan sembuh saat organ2 wanita saya sudah dipakai, sehingga tubuh berpikir bahwa pembentukannya sudah selesai. dengan kata lain, saya sembuh saat saya sudah mengandung, melahirkan, dan menyusui. hmmmm.. masih lama ga ya😕 karena hal ini, saya jadi punya ide untuk nama anak saya (hahahaha…). jika anak pertama saya lahir, saya akan memberi nama Raphael, diambil dari bahasa Ibrani, yang artinya “God has healed”. (Rapha : penyembuh, El: dari kata Eloi, artinya TUHAN)

salah satu ciri wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon adalah wajah yang berminyak dan berjerawat. seingat saya, sejak pertengahan tahun 2007, banyak sekali jerawat yang bermunculan di wajah saya. padahal, sejak SMP saya tidak pernah berjerawat. mengapa saat kuliah, saya justru berjerawat? apakah puber saya terlambat? jawabannya adalah karena ketidakseimbangan hormon.

tidak semua wanita mengalami ketidakseimbangan hormon ini, hanya wanita-wanita unik (seperti saya) sajalah yang mengalaminya. so, buat Anda (atau kerabat atau teman Anda) yang sepertinya mudah mengalami tumor (baik di payudara atau di rahim), mungkin masalah kita sama. silakan ikuti saran dokter saya. sejak mengatur pola makan, terbukti saya tidak memiliki tumor lagi dan jerawat pun berkurang, hehehehe..

7 thoughts on “tumor??

  1. kk udh prnah priksa dek, karna ad byk benjolan sejak dri smu, wktu itu keSentosa, trus setelah diperiksa, emg iya ada byk, tapi kta dokter ga bahaya dan ga perlu pantangan makanan. Tapi kk suka bgt gorengan eui, pdhal kta sheila itu jg ada karsinogen gitu, tpi itu enak…. -___-
    Eh Raphael….ayo nak cepatlah datang…! tante echa ingin mlihatmu Raps… xD

  2. @k’echa : kk cek ke dokter spesialis bedah tumor ato dokter spesialis bedah aja? hmmm, sblm si raphael dtg, papa nya dl yg hrs dtg, kak😄

  3. kedokter umum terus dirujuk kedokter spesialis, tapi lupa spesialis apa namanya xD
    ya eyalah bokapnya yg kudu dtg duluuuu…, masa tuh anak mau terbang dri langit xD

  4. Terima kasih, artikel ini membantu saya memahami kenapa bisa tumbuh tumor di tubuh kita, memang kita harus mempunyai pola hidup sehat. Saya baru saja mengetahui kalo anak laki2 saya yang berumur 10 th mempunyai benjolan di payudara kanan nya. (rasanya sangat mustahil ya kalo di pikir)….

  5. @ywj: sama-sama ^^ pola hidup sehat memang sangat diperlukan. dengan menjaga pola hidup kita tetap sehat, artinya kita bersyukur kepada Sang Pemberi Hidup sehingga kita merawat tubuh dan hidup yang diberikan-Nya. semoga anaknya cepat sembuh ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s