Harga kamu berapa sih? (1)

Masih ingat kasus penembakan 3 TKI asal NTB di Malaysia yang diduga menjadi korban penjualan organ tubuh? Yang ini loh.. Sempet heboh banget di negeri kita, hampir aja kita menyerukan yel-yel “GANYANG MALAYSIAAAA!!!!”

Dugaan penjualan organ tubuh ini menarik perhatian saya. Wah, ternyata ada juga ya yang jualan organ tubuh. Ngeri banget deh kalo ada orang yang sengaja dibunuh untuk diambil organ tubuhnya, trus dijual. Jadi inget film SEPULUH. Film yang menceritakan tentang anak-anak jalanan yang dibunuh lalu organ tubuhnya dijual oleh “bos”-nya sendiri. Syereeemmm ><

Kebutuhan organ tubuh untuk transplantasi mendorong maraknya penjualan organ tubuh baik secara legal maupun ilegal. Siapa sih yang butuh transplantasi organ tubuh?

  • mereka yang lahir dengan kelainan struktur organ seperti cacat jantung bawaan atau atresia bilier. Atresia bilier adalah salah satu alasan paling umum bahwa seorang anak mungkin memerlukan pencangkokan hati – saluran empedu telah gagal mengembangkan.
  • mereka lahir dengan penyakit yang menyebabkan organ gagal. Ini mungkin kelainan bawaan seperti cystic fibrosis.
  • mereka telah cukup beruntung untuk mengembangkan penyakit atau penyakit yang menyebabkan organ gagal. Bagi sebagian orang, hanya terkena flu atau flu dapat menyebabkan mereka yang membutuhkan transplantasi jantung untuk kardiomiopati, penyakit yang sangat mempengaruhi kemampuan otot jantung untuk kontraksi.

Nah, bersyukur banget dong kita-kita yang lahir dalam keadaan sehat dan utuh😉

Ada dua jenis pendonoran organ tubuh, yaitu pendonoran organ saat sang pendonor masih hidup dan ketika sudah meninggal. Organ-organ yang bisa didonorkan saat sang pendonor masih hidup antara lain darah (darah itu termasuk organ tubuh loh, masih inget kan definisi organ tubuh di pelajaran biologi SMP?), ginjal, sumsum tulang, darah tali pusat, dan tulang. Sedangkan organ tubuh yang bisa didonorkan saat pendonor sudah meninggal adalah hati, paru-paru, jantung, ginjal, dan pankreas. Ada juga jaringan yang bisa didonorkan saat sang pendonor sudah meninggal, yaitu kornea, katup jantung, musculoskeletal (tulang), dan kulit.

Ada orang yang mendonorkan organ tubuhnya karena rasa sayang atau rasa sosial sebagai sesama manusia, dengan kata lain for free. Tetapi ada juga orang yang sengaja menjual organ tubuhnya untuk mendapatkan uang. Contohnya, remaja di China yang menjual ginjalnya untuk membeli iPad. Woogh, gila ya. Padahal iPad kan suatu saat pasti rusak dan ketinggalan zaman, sedangkan ginjal kita bisa bekerja terus sampai kita mati.

Penasaran berapa harga organ-organ tubuh manusia yang dijual? Ternyata ada loh daftar harganya. Hiks…

Dijual, dijual, dijual! Sayang anak, sayang anak, sayang anak!

Nah, selain penjualan organ tubuh, ada juga loh penjualan mayat. Nah loh.. Emang mayatnya mo diapain? Salah satunya untuk penelitian para dokter. Saya menemukan web yang membantu menghitung “harga diri” kita jika kita ingin menjual mayat kita nantinya. Daaaaannnn….. “harga diri” saya adalah (hanya)$4, 800. Murah banget ya😦

CadaverForSale.com
CadaverForSale.com – How much is your cadaver worth?

Hmmm, sebenarnya apa bener organ-organ tubuh kita bisa dihargai dengan uang? Apakah uang sudah sangat berkuasa sehingga bisa menjadi alat tukar untuk membeli apa saja?

*merenung*

5 thoughts on “Harga kamu berapa sih? (1)

  1. itu sadis amat emg trlalu!!! pas dngr brita itu kk marah, pngen bgt marahnya ksmpaian kepolisi diraja ituh..><
    kk cuman 3600!!tanya knapa??
    ga ada pilihan
    is your face cute?
    klo ada aja pasti deh trilyunan dollar😀

  2. hmm aneeh tdi ud tulis komen pnjang2 ilang dua2nya
    jdi kk jg sebel ama malay itu ..pas dgr tuh brita kk sgt emosi dn mau mledak!!trlalu..manusia ud kaya ayam aja diprlkukan seenaknya gt TT
    kk shrga 3600 dollar!tanya knapa?? ==’
    klo ad plihan
    is your face cute
    pasti kk udh dpt hrga trilyunan dollar😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s