Musim Hujan dan Toilet

Kali ini gw bakal bahas salah satu kekurangan gw, yaitu gampang banget pengen ke toilet untuk buang air kecil a.k.a sering banget pipis. Fiuuuhhhh *muka malu*

Toilet2x225

Jadi begini, seingat gw sih sejak gw SD, di antara teman-teman sekelas gw adalah murid yang paling rajin mengunjungi toilet sekolah. Kenapa? Karena gw rajin banget pipis, padahal gw minum lebih sedikit drpd mereka. Pada awalnya, gw ga sadar dengan “kerajinan” gw ini, sampai seorang temen gw kasih tau gw. Hmmm, kenapa ya tubuh gw ini aneh banget? Nah, karena hal itulah makanya gw ga terlalu suka minum air. Gw merasa terganggu kalo harus sering bolak-balik toilet. Seriusan loh. Gw baru sadar pentingnya minum air putih itu taun 2009, waktu gw merasakan sakit di bagian pinggang belakang. Kata mama mungkin karena kurang minum air. Trus gw mendadak rajin minum deh di situ dan ajaibnya sakit pinggang gw itu ga pernah dateng-dateng lagi. Alhamdulillah ya… *ala Syahrini*

Waktu SMP, ada dua kali jam istirahat sekolah. Tebak apa yang selalu gw lakukan pas jam istirahat? Pertama, ngambil bekal makanan (yang setiap hari disiapin sama mama, luv u mom :* ) yang dibawa dari rumah, naro di daerah kursi depan kelas, trus pergi ke toilet, habis itu makan. Selalu begitu setiap hari sekolah. Nah, kalo musim hujan, sebelum jam istirahat pertama dateng tuh gw ud minta izin ke guru kelas untuk ke toilet. Dingiiinnn… Musim kemarau aja gw rajin ke toilet, apalagi musim hujan. Paling enak tuh waktu gw kelas 2, karena kelas gw di sebelah toilet. So, ga perlu jalan jauh-jauh untuk sampe di toilet. Trus kalo jam istirahat, ga perlu ngantri lama-lama untuk ke toilet, hehehehe. Yang paling ga enak itu waktu kelas satu, karena kelas gw ada di tingkat dua, sementara toilet ada di lantai satu dan di seberang gedung tempat kelas gw.

Gw punya pengalaman memalukan waktu kelas 3 SMP. Seriously, ini memalukan bangeetttsss. Ceritanya lagi pelajaran biologi nih di jam pelajaran ketiga. Habis jam pelajaran ketiga itu masuk jam istirahat pertama. Kira-kira 15 menit sebelum bel istirahat, gw ngerasa pengen pipis. Trus gw liat jam. Duh, tanggung 15 menit lagi. Kalo minta izin, gw takut ga diizinin karena jam istirahat kan bentar lagi. Nah, gw yang duduk paling depan saat itu memutuskan untuk menahan pipis sampe jam istirahat. Eh ternyata tubuh gw ini ga bisa kompromi. Gw duduk dengan gelisah menahan pipis sampe goyang-goyang ga jelas gituu, huhuhuhu, dan guru gw terpana melihat gw duduk dengan ga bisa diem. Ya TUHAN.. Temen yang duduk di belakang gw, namanya Yosef, nanya gini, “Christ, lo pengen pipis yah?” Astaga, di situ gw nyadar apa gerakan-gerakan gw tadi itu terlalu ekstrim yah, sampe-sampe si Yosef tau kalo gw pengen pipis. Hahahaha, malu banget daaahh >< Hadooohhh… Waktu bel istirahat bunyi dan guru gw keluar kelas, langsung gw berlari menuju toilet dengan kecepatan cahaya, hahahaha…

Di SMA, toiletnya jauuuuhhhh gilaaaaaa…. Astaga, bener-bener dah itu sekolah nyiksa gw dalam hal ini. Mana SMA itu kan di lantai atas, sementara toilet itu ada di lantai bawah dan sekomplek sama SD, huaaaa… FYI, gw SMA di Santa Angela, Jl. Merdeka 24, Bandung. Nah di situ lengkap loh sekolahannya, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, sampe LPK (tempat pendidikan untuk sekretaris gitu..). Trus yang jadi bencana adalah untuk SD, SMP, dan SMA toiletnya nyatuuu, dan itu ada di komplek SD. Kalo misalnya ke toilet pas jam pelajaran (ga pake mampir ke kantin ato touch-up your make-up), butuh waktu kira-kira 10-15 menit untuk jalan bolak-balik dan melakukan ritual di toilet itu. Sementara guru-guru SMA punya toliet sendiri di lantai atas. Hiks.. Hidup ini memang ga adil *nangis darah* Eh tapi itu dulu. Sekarang SMA gw udah punya toilet sendiri di lantai atas. Syukur deh. Coba kalo sejak gw sekolah di situ udah punya toilet sendiri…

Pas gw kuliah, puji TUHAN banget, toilet ada di mana-mana, huehehe.. Di tiap lantai ada, di labtek ato gedung apapun ada. Nah, yang perlu diperhatikan hanya mengingat-ingat toilet mana yang buka di luar jam kerja dan hari kerja. Favorit gw adalah toilet depan HMIF. Pintu toilet cewenya ga ada kuncinya, jadi buka terus 24 jam 😉 Pernah dong waktu zaman osjur, trus dimintain ngumpulin tanda tangan angkatan atas, ada angkatan 2003 yang nanya toilet apa aja yang buka di hari Sabtu. Kalo jawabannya salah, ga bakal dapet tanda tangan. Wuih, ternyata pengetahuan yang begituan penting juga yah…

Kenapa sih kalo cuaca dingin kita jadi lebih sering pipis? Nyusahin banget, terutama buat gw. Tubuh kita ini kan selalu menjaga keseimbangan jumlah cairan di dalam tubuh. Nah, kalo cuaca dingin, tubuh kita susah untuk berkeringat. Kenapa? Karena pembuluh darah di permukaan kulit menyempit. Jadi cairan yang tadinya mau dibuang melalui kulit malah dikumpulkan di kantung urine.

Gw sering berpikir, apa tubuh gw ini ga butuh air banyak-banyak yah, makanya rajin mengeluarkan urine? Trus apakah dengan mengurangi frekuensi minum adalah jalan terbaik mengatasi masalah ini? Ternyata ga gitu. Dalam urine manusia, yang terkandung bukan hanya air. Tapi banyak zat sisa yang berbahaya bagi tubuh ikut dibuang. Jadi, kalo kita banyak minum dan banyak mengeluarkan urine, artinya kita membersihkan tubuh kita dari zat-zat yang beracun tersebut. Begituu..

So, buat para ladies yang ga suka minum air, nasihat gw adalah jangan numpuk racun dalam tubuh. Ga usah pake acara detoks-detoks segala deh tapi jarang minum air. Tubuh kita ini punya cara alami untuk mengeluarkan racun. Ikutin aja cara yang udah diciptakan TUHAN. Rajin minum air putih. Kurangi yang namanya minum soda, minum yang manis-manis dan berpengawet (ini gw sambil khotbah ke diri sendiri, hehe), apalagi minuman yang beralkohol. Ga baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan kulit. Yuuuu…

Oia, mo tau manfaat lain dari minum air putih?

679113838

Leave a comment