Favorite Singers

Who is your favorite singer? Mine are Sarah Brightman and Jackie Evancho.

Sejak SMA, gw suka tipe-tipe lagu klasik seriosa gitu. Jadi ceritanya gw liat Charlotte Church gitu di TV. “Wah, bagus yah.” Gw lupa waktu itu acara apa. Tapi gw terpesona banget deh. Tau kan Charlotte Church. Dia dijulukin Voice of Angel. Kenapa ya bisa dapet julukan itu? Apa yang ngasih julukan pernah ngedenger malaikat nyanyi ya? Mungkin yang kasih julukan itu sudah hidup sejak zaman TUHAN Yesus lahir dan menjadi gembala di padang dan mendapat kabar kelahiran Yesus dari malaikat yang kemudian bernyanyi memuliakan TUHAN :p Ceritanya Charlotte Church ini penyanyi anak-anak yang sangat sangat berbakat. Tapi dia justru mendedikasikan talentanya  itu untuk menyanyikan lagu-lagu rohani. Itu berita yang pernah gw baca tentang dia. Makin tertarik deh gw. Soalnya dulu gw anti lagu-lagu sekuler. Yah, ajaran dari persekutuan pelajar di gereja memang begitu. Dan gw nurut aja dengan butanya (maksudnya nurut aja tanpa mencari alasannya). Okeh, tentang lagu sekuler vs lagu rohani kita bahas di lain waktu aja ya 🙂 Nah, terus gw cerita deh ke Siska, temen sebangku gw di SMA tentang Charlotte Church ini. Pas banget, si Siska ini juga ternyata suka sama Charlotte Church. Besoknya dia pinjemin gw CD album Charlotte Church yang judulnya Prelude-The Best of Charlotte Church. Kaya gini nih gambar covernya:

Gw langsung copy isi CD itu ke PC di rumah (waktu itu gw belum mengerti tentang hak cipta dan pembajakan) dan gw dengerin lagu-lagunya EVERY DAY dan gw ga pernah bosen (bahkan sampe sekarang pun ga bosen). Di sinilah gw mulai mendengarkan lagu-lagu sekuler tanpa sepengetahuan kk PA dan anak-anak persekutuan >:) Yang menjadi lagu favorite gw dari album ini adalah:

  1. Just Wave Hello (Ford Global Anthem)
  2. Dream A Dream – (Elysium) (duet with Billy Gilman)
  3. Habanera
  4. It’s The Heart That Matters Most
  5. Bridge Over Troubled Water.

Gara-gara nulis tentang album ini, akhirnya gw memutuskan untuk mengambil CD ini dari rak CDs gw dan memutarnya 😀 Sekarang gw udah punya CD aslinya loh, ga ngebajak lagi, hehehe.

Sebelumnya, gw udah familiar dengan lagu Habanera dan Bridge Over Troubled Water. Waktu itu gw ga inget pernah denger lagu Habanera di mana. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata gw menemukan kalo lagu Habanera itu pernah dipake di acara Sesame Street, acara TV kesukaan gw waktu masih kecil. Hihihi. Yang pertama kali memopulerkan lagu ini adalah Carmen. Lalu ada karakter di Sesame Street yang memerankan Carmen menyanyikan lagu ini. Lucu banget deh kalo diliat-liat lagi.

Kalo lagu Bridge Over Troubled Water gw denger pertama kali di Lab Bahasa Inggris di SMA. My English teacher, Mr. Widyo, often played some old songs several times at the lab and then told us to write down the lyrics.

Oia, sebenernya ada lagi satu lagu yang gw suka dari album ini, yaitu The Prayer (duet with Josh Groban). Nah, pas gw lagi suka-sukanya sama lagu ini, tiba-tiba lagu ini jadi populer banget di Indo karena dinyanyiin oleh Joy Tobing dan Delon di acara Indonesian Idol. Yang bikin gw ga rela adalah mereka nyanyiinnya ga sebagus Charlotte Church dan Josh Groban (ya iyalah, it’s obvius lah –______- ). Tapi justru banyak yang sukaaaa dengan duet mereka dan akhirnya di mana-mana orang menyanyikan lagu ini sambil mengurangi keindahannya. Sejak saat itu, gw jadi biasa aja dengan lagu The Prayer ini, ga suka-suka banget. Pasaran!

Di masa-masa itu, Josh Groban juga sedang naik daun di Indo dengan lagu “You Raise Me Up”. Nah awalnya gw juga suka dengan lagu ini. Bahkan beberapa anak di kelas gw (termasuk gw) yang suka nyanyi, pernah ngumpul untuk ngehapalin lirik dan nyanyiin lagu ini bareng-bareng. Tapi karena bener-bener jadi pasaran banget, kadar kesukaan gw terhadap lagu ini jadi berkurang deh :p

Pas gw kuliah tingkat satu, gw punya temen deket di kelas TPB, namanya Adit, anak TK, sesama anak Bandung juga (Adiiittt, how are you ?? 😀 ). Si Adit ini pemusik. Dia les piano klasik. Bahkan dia gabung tuh ke Unit Orchestra ITB. Mantep dah pokonya dia. Entah awalnya dari mana, gw bilang ke Adit kalo gw suka dengan Charlotte Church. Di situ Adit bilang kalo ada penyanyi yang lebih bagus daripada Charlotte Church, namanya Sarah Brightman. Besoknya, dia pinjemin kaset album Sarah Brightman yang judulnya Classics. Waktu itu udah ga terlalu zaman sih dengerin kaset, tapi ya Adit punyanya kaset. Pas banget gw punya walkman. So, gw dengerinlah itu kaset. Gw langsung kagum dengan penyanyinya. Gw jatuh cinta dengan Sarah Brightman pada pendengaran pertama ❤. And my most favorite song from the album is Time To Say Goodbye (Con Te Partiro). Itu lagu indah banget deh. Diciptain oleh Francesco Sartori (musik) dan Lucio Quarantotto (lirik).

Agak-agak nyentrik gitu ya covernya :p

Di album Classics, Sarah Brightman nyanyiin lagu ini secara solo. Sebenernya lagu ini ada versi duetnya juga, dinyanyiin Sarah Brightman dan Andrea Bocelli. Dan gw lebih suka versi duetnya. Penasaran? Nih videonya. Enjoy.. 🙂

Liriknya pernah gw post dulu banget. Bisa dilihat di sini.

Sejak saat itu, gw mulai mengoleksi album Sarah Brightman. Agak susah yang nyarinya, mungkin karena peminatnya di Bandung ini sedikit. Trus gw juga mulai nonton videonya dia di internet. Adit juga minjemin gw DVDnya. Gw terpesona banget deh dengan Sarah Brightman. Cantik, dewasa, penuh penghayatan, nyanyi lagu apapun bagus, ga cuma lagu klasik aja. Udah gitu makin ke sini dia makin cantik deh 🙂

Sarah Brightman itu multitalented artist. Dia bisa acting juga. Dia pernah maen di Musical berjudul Phantom of The Opera tahun 1986. Lagu yang terkenal dari drama musikal itu antara lain Phantom of The Opera, All I Ask of You, dan Music of The Night. Lagu Phantom of The Opera memang diciptakan oleh Andrew Lloyd Webber (composer and producer of this musical) untuk Sarah Brightman. Dan memang sampe sekarang cuma Sarah Brightman ada wanita yang bisa menyanyikan lagu itu dengan utuh dan sempurna. Tinggi banget nadanya. Kalo ga salah Putri Ayu (finalis Indonesia Mencari Bakat) pernah mencoba menyanyikan lagu itu di panggung IMB. Alhasil, gagal! Menurut gw, lagu Phantom of The Opera ini unik banget. Genre-nya klasik, tapi diaransemen dengan permainan drum dan gitar listrik yang kentara banget, tapi tetep indah (dan agak berkesan horror). Andrew, you’re a genius! Btw, tahun 2011 adalah 25th Anniversary of Phantom of The Opera. Dirayakan loh dengan besar-besaran. Walaupun dibuat 25 tahun sebelumnya, sampai hari ini banyak orang yang masih menyukai musical ini. One more time, Andrew, you’re a genius! 🙂

Connie Talbot juga sempat menjadi penyanyi favorite gw. Sayangnya dia ga terlalu berkembang yah (kayanya…). Connie ini masih berusia 6 tahun waktu ikutan Britain’s Got Talent. Ini salah satu videonya, dia bawain lagu Ben, liriknya bisa dibaca di sini. (Btw, Ben di sini adalah nama tikus peliharaan loh)

Penyanyi favorite gw satu lagi adalah Jackie Evancho. Cewe berusia 10 tahun, very very super talented girl, ikutan American’s Got Talent, dan merupakan penyanyi seriosa termuda di dunia. Yang pertama kali dengerin dia nyanyi pasti ga percaya kalo itu suara dia. Amazing-lah pokonya. Setelah menjadi juara kedua di AGT, Jackie Evancho bekerja sama dengan a very very famous producer dan bikin satu album Dream With Me yang isinya perpaduan lagu-lagu klasik dan modern yang diaransemen dengan indahnya dan cocookkk banget untuk karakter suara Jackie.

Ada satu performance dia yang gw suka banget, TV show yang judulnya Great Performance Jackie Evancho – Dream With Me. Gw donlot videonya dari torrentz, hehehe. Dari show ini, gw suka banget dengan lagu Imaginer, Lover, dan Angel. Indah bangeeettt. Ga pernah bosen kalo nonton videonya. Nih penggalan dari show tersebut, enjoy 🙂

Jackie Evancho ternyata sangat mengidolakan Sarah Brightman. Dan dia juga suka Musical Phantom of The Opera. Di album Dream With Me, dia menyanyikan lagu All I Ask of You (yang menurut gw agak kurang bagus, soalnya lagu duet tapi dinyanyiin solo). Waktu dia masuk babak final AGT, Jackie Evancho berduet dengan Sarah Brightman menyanyikan lagu Time to Say Goodbye. WOOWW.. Gw tercengang banget waktu nemu videonya. Astaga, dua orang penyanyi favorite gw menyanyikan lagu yang gw suka. Gw merinding loh waktu nonton dan denger mereka berduet. Bagus banget…

Trus penyanyi Indo favorite gw ada ga yah? Sejauh ini sih ada satu. Dira Sugandi. Pertama kali denger Dira Sugandi nyanyi itu di acara 811 Show Metro TV waktu Whitney Houston meninggal. Di acara itu Dira diundang sebagai narasumber dan menyanyikan beberap penggalan lagu Whitney Houston. Ternyata ada juga penyanyi Indonesia yang oke. Ternyata juga, Dira Sugandi ini pernah duet loh dengan Andrea Bocelli menyanyikan lagu The Prayer. Prestasi banget loh buat penyanyi Indonesia. Penyanyi-penyanyi wanita Indonesia yang lebih banyak membuat berita sensasi daripada karya musik harusnya belajar dari Dira Sugandi.

Bagaimana? Sekarang para pembaca tahu kan selera musik gw kaya gimana. Ada yang punya selera yang sama? Yuk, mari kita share 🙂

One thought on “Favorite Singers

  1. Um.. Connie tetep eksis kok, tapi jarang banget yg tau. Dia baru aja ngeluarin album barunya 🙂 bisa di cek di @connietalbot607. Ty, bls ya

Leave a comment