harga kamu berapa sih? (2)

….lanjutan dari post sebelumnya

Kalo ada orang yang menghargai manusia sebatas harga organ-organnya saja, tentu orang itu sangat bodoh. Mengapa? Karena tidak ada organ-organ manusia yang bisa dibuat oleh manusia itu sendiri. Seluruh tubuh manusia adalah ciptaan TUHAN. Kalo ada manusia jenius yang membuat organ tubuh buatan, pasti hasilnya jauuuhh dari organ aslinya. Tidak ada yang bisa menyamai ciptaan TUHAN.

Siapa yang bisa menentukan harga dari manusia? Tentulah Penciptanya. Bukan keadaan bursa saham, nilai inflasi/devaluasi, nilai tukar mata uang, kestabilan kondisi politik, keamanan negara, dll.

Yesus bilang gini,

“Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Lalu apa yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?”

Artinya seluruh dunia ini tidak dapat menggantikan nyawa satu orang. Harga nyawa satu orang lebih mahal daripada harga seluruh dunia ini dengan isi-isinya. Ga percaya? Pernah liat orang kaya yg meninggal terus hidup lagi karena dia punya uang banyak? Ga pernah kan. Orang paling kaya yang pernah ada di dunia (Raja Salomo) aja, ga bisa hidup lagi waktu dia udah meninggal.

Sekarang bayangkan berapa sih nilai kekayaan seluruh dunia ini beserta isi-isinya. Bayangkan Indonesia jual provinsi Papua dan Papua Barat ke Australia. Pasti mahal banget tuh. Setiap tahunnya pertambangan emas Indonesia menghasilkan 120 ton emas. Artinya dalam sebulan, ada 10 ton emas yang dihasilkan. Dalam sehari, 333 kg emas. Hari ini, harga satu gram emas Rp 538 000,00. Emas yang dihasilkan Indonesia dalam satu harinya senilai Rp 179.154.000.000,00 (seratus tujuh puluh sembilan milyar seratus lima puluh empat juta rupiah). Bisa Anda bayangkan apa saja yang bisa Anda peroleh dengan uang sebanyak itu?  Jika dalam satu hari, emas yang bisa dieksplorasi di Indonesia saja sudah sebanyak itu, apalagi emas dari seluruh dunia. Dan itu baru emas saja, bagaimana dengan barang tambang dan kekayaan bumi yang lain baik di darat, laut dan udara?

Nilai seorang manusia di mata Pencipta-Nya tidak bisa dibandingkan dengan nilai seluruh dunia ini beserta isinya. Karena seluruh dunia ini beserta isinya tidak dapat menyelamatkan jiwa saya. Saya lebih berharga daripada seluruh dunia ini beserta isinya. Anda juga jauuuhhh lebih berharga  daripada seluruh dunia ini beserta isinya. So, ga peduli apa merk baju/sepatu/tas/hp/laptop Anda, Anda tetap jauuhh lebih berharga daripada seluruh dunia ini beserta isinya. Bahkan orang cacat sekalipun tetap jauuuhhh lebih berharga daripada seluruh dunia ini beserta isinya.

Pelajaran ini memang sederhana. Tetapi mempengaruhi kehidupan kita sampai kita meninggal. Di saat Anda merasa gagal, banyak tuntuan, atau kejadian buruk lainnya, kuatkan kepercayaan Anda kepada TUHAN dan katakan bahwa diri Anda jauh lebih berharga daripada apa yang bisa dunia berikan bahkan daripada seluruh dunia ini beserta isinya. Memang masalah tidak akan selesai dengan serta-merta. Di saat kepercayaan dan pengharapan Anda kuat di dalam TUHAN, maka Anda akan melihat jalan keluar yang TUHAN sediakan. Seperti yang dikatakan Ps. Joseph Prince, “Good things happen to those who believe GOD loves them.”

So, berapa sih harga kamu?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s